Mengapa Ban Warna Hitam : Ini Alasan Dan Penyebabnya

Diposting pada

Kalian perlu mengetahui bahwasannya teknologi ban mengalami perubahan semakin baik lagi semenjak Ford Model T pertama kali dibuat. Ada yang tahu tahun berapa?

Tepatnya di tahun 1908, dimana ban tak hanya berbeda ukuran saja, namun senyawa dan struktur juga berbeda. Meskipun pada waktu itu ban memiliki beberapa warna.

Di awal pembuatan ban, dulu warnanya putih. Ban menjadi warna hitam tepatnya setelah perang dunia I.

Banyak diantara kita atau bahkan semuanya nggak kepikiran kenapa warna ban hitam? Iya nggak

Artikel terkait :

Saat membeli motor atau mobil, beli ban baru kita tak memikirkan apa penyebab warna ban itu selalu hitam.
Akan tetapi hal yang baru akan kita temukan saat mengunjungi pabrik pertama Ford (sekarang jadi museum), maka kita akan menemui ban model T dengan warna putih.

Penyebab Ban Berwarna Hitam

Seperti yang telah disampaikan oleh Jack Koenig (insinyur kimia) di bukunya yakni Spectroscopy of Polymers bahwasannya komposisi ban tanpa ada karbon hitam akan bertahan hanya sampai kurang dari 5.000 mil.

Michelin

Dan dari perusahaan ban yang lain yakni Michelin menyampaikan juga bahwasannya karbon hitam (1/4 sampai 30%) dari komposisi ban sekaragn telah diterapkan pada semua merek ban dan tipe ban.

ban warna hitam terbaru

Keuntungan yang bisa diambil dari komposisi ini yakni ban tahan aus, melindungi ban dari sinar ultraviolet yang bisa membuat ban retak, menambah daya cengkeram dan handling aspal lebih baik

Perusahaan Ban Coker

Tidak hanya dari pihak Michelin, perusahaan sejenis yakni Coker juga menyampaikan komposisi ban hitam di sebuah artikel dengan judul “The History and Timeline of whitewall tyres”.

Dimana sifat karbon hitam tersebut memiliki ketahanan atas ozon dan menambah konduktivitas yang membantu mentransfer panas dari tapak dan sabuk.

Jadi warna ban hitam yang sebelumnya putih memiliki histori yang menarik juga meskipun ada dilema juga. Jack Seavitt yang merupakan tour guide museum Ford Piquette menyampaikan kalau di tahun 1990 produsen ban telah menemukan kalau komposisi ban yang ditambahkan magnessium oxide mampu untuk menambah power.

Namun pada saat itu sedang terjadi perang dunia 1 sehingga pemakaian bahan magnessium oxide untuk ban dilarang dan disarankan menggunakan bahan lain.

Baca juga : Beberapa yang jadi penyebab motor sering mati mendadak

Akhirnya ditemukan karbon hitam untuk dijadikan bahan tambahan dalam memproduksi ban.

Jadi seperti itulah jawaban atas pertanyaan “Kenapa ban berwarna hitam?”

Sekarang kalian jadi tahu kan yang membuat ban berwarna hitam adalah karena karbon hitam.
Kita juga bisa menggunakan cairan ban anti bocor untuk menambal ban. Cara ini merupakan tips terbaru di dunia otomotif yang bisa kalian terapkan.