Kenapa Ban Motor Halus Seperti MotoGP? Ini Penjelasannya

Diposting pada

Gue seneng banget nonton di tv dan youtube semua yang tentang MotoGp. Secara gue ngefans anget sama rossi dan marquez, kayaknya ada yang kurang kalau performa mereka di motoGP nggak gue tonton.

Saat kita nonton MotoGP pasti kita sering melihat ban motor para pembalap yang halus dan gundul pula,hehehe

Padahal ban motor yang kita gunakan ada batiknya yang tentu saja memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda antara ban halus (gundul) dan ban yang ada alur atau batik.

Penyebab Ban Motor Halus Seperti MotoGP

Semoga penjelasan dari gue ini dapat membuat kalian paham tentang penyebab ban motor halus seperti di MotoGP.

1. Medan Kering

Desain ban slick motoGP memang dibuat khusus untuk balapan dan di jalan yang kering, mengapa demikian? Ini dikarenakan balapan sangat diperlukan daya cengkeram ban pada lintasan harus besar. Jadi ban diproduksi untuk mengimbangi kecepatan motor GP yang sangat cepat.

2. Ban Menempel Lintasan Lebih Banyak

Ban motor GP memang halus dan gundul karena dibuat untuk lebih banyak menempel pada lintasan jadi daya cengkeramannya lebih maksimal.

Kalau ban motor seperti yang kita gunakan kan ada batiknya, itu dibuat karena kondisi jalan kita yang masih banyak pasirnya jadi kalau dibuat halus maka sangat mudah tergelincir akibat pasir. Dan batik atau alur ini berfungsi untuk memecah alur air yang ada di lintasan.

Ban motor halus pada motoGP yang didukung kondisi lintasan yang bagus (tanpa pasir atau kerikil) dibuat sedemikian rupa untuk lebih memaksimalkan handling, pengereman yang sangat cocok untuk race balapan.

3 Jenis Ban Di MotoGP

Sebenarnya ada 3 jenis ban untuk balapan di motoGP, yaitu :

1. Slick (Ban Kering)

slick ban motogp terbaru

Untuk ban slick ini dibuat khusus untuk lintasan kering. Ciri-ciri ban slick ini yaitu permukaannya halus dan botak, fungsinya untuk menambah traksi (cengkeraman) ban lebih besar.

Artikel terkait :

  1. Solusi Dan Penyebab Ban Motor Habis Sebelah
  2. Cara Memperbaiki Ban Motor Benjol Dan Penyebabnya Yang Bikin Kepikiran
  3. Mengapa Ban Warna Hitam : Ini Alasan Dan Penyebabnya
  4. Cara Mengganti Ban Mobil Yang Benar

Kalau menggunakan ban ini maka kecepatan maksimal pada motor mampu dicapai serta suhu yang ideal untuk pemakaian ban ini yaitu sekitar 100 derajat celcius.

2. Ban Basah (Rain)

ban basah motoGP

Sedangkan untuk trek basah, ban basah akan digunakan. Ban basah ini memiliki batik atau alur yang fungsinya untuk memecah air agar tak terjadi aquaplaning atau tergelincir karena lintasan yang basah.

3. Ban Intermediate

Sebenarnya ban intermediate ini dibuat untuk lintasan kering namun ban ini memiliki alur atau batiknya. Ban ini digunakan para pembalap saat lintasan basah namun kondisi tidak hujan.

Catatan :

Buat kalian yang masih amatir dalam ilmu otomotif maka sebaiknya diservice saja ke dealer resmi AHASS terdekat rumah kalian. Lakukan secara rutin dan terjadwdal agar usia ekonomis motor lebih lama.