[100% WORK] Cara Merawat Motor Matic Agar Awet

Diposting pada

Cara Merawat Motor Matic Agar Awet – banyak dari kita yang pastinya bisa melihat sepeda motor matic di jalan yang ramai sekali. Pada umumnya sepeda motor matic ini dipakai oleh kaum hawa, akan tetapi sekarang laki-laki juga banyak yang menggunakan sepeda motor matic. Kali ini Otomotif.handy.co.id akan memberikan tutorial tentang tips yang benar yakni cara merawat motor matic supaya awet dan tahan lama. Sepeda motor yang mudah dalam pengoperasiannya ini tentunya juga sedikti berbeda perawatannya dengan sepeda motor yang biasa. Dan kalian sedang membaca artikel yang benar tentang cara merawat motor matic disini karena kami akan memberikan informasi yang lengkap untuk kalian. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Perawatan Sepeda Motor Matic

cara merawat motor matic
Sepeda Motor Matic

Kebanyakan orang yang salah dalam cara merawat motor matic yang benar. Kebanyakan dalam perawatan motor matic yang dilakukan pada umumnya tidak dapat menghandle semua lini sehingga bisa dipastikan ada salah satu spare part motor matic yang rusak. Ini tentunya harus dibenahi dengan pedoman khusus supaya saat merawat motor matic dapat masuk ke semua sector penting yang ada di sepeda motor sehingga sepeda motor tetep awet. Perawatannya juga bisa dikatakan mudah mudah sulit dan yang dilakukan berbeda dengan motor bebek. Di bawah ini adalah beberapa tips cara merawat motor matic yang mungkin dapat kamu lakukan:

  1. Panasi Sepeda Motor

    Cara merawat motor matic yang pertama yaitu diperhatikan untuk rutin menghidupkan atau panasi sepda motor matic terlebih dahulu sebelum kalian menggunakannya. Lakukanlah cara ini durasi waktu 5 sampai 10 menit sebelum siap untuk digunakan. Ini berguna agar oli bisa menyebar ke seluruh mesin dan menstabilkan aki motor.

  2. Berkendara dengan stabil

    Setiap kalian berkendara dengan motor matic harap diperhatikan untuk mengkondisikan kecepatan laju motor agar selalu stabil. Jangan melakukan pengegasan dengan ujuk ujuk. Atau jangan juga lakukan menurunkan kecepatan dengan tiba-tiba ketika Kalian sedang berkendara dengan kecepatan yang cukup cepat.

  3. Jangan mengkosongkan bahan bakar

    Harap diperhatikan juga bahwa bahan bakar di tangki motor kalian tidak benar-benar habis. Hal ini berguna untuk terhindar dari masalah mesin masuk angin, atau kekurangan pasokan bahan bakar pada pembakaran mesin.

  4. Ganti oli motor secara teratur

    Dengan mengganti oli motor secara rutin atau sesuai pemakaian maka mesin motor matic akan tetap awet karena oli tidak benar-benar cair atau habis. Apabila oli motor habis, maka bisa dipastikan komponen mesin motor matic Kalian akan rusak.

  5. Perhatikan kondisi Accu dan Busi

    Ini salah satu komponen motor matic yang perlu kalian perhatikan kondisinya supaya tetap dalam kondisi yang baik. Ini agar motor Kalian tidak mogok.

  6. Cek Rutin Roler dan ventbeld

  7. Perhatikan oli shockbreaker dan ruang transmisi

    Di dalam ruang transmisi motor pada umumnya ada banyak debu yang nempel. Harap diperhatikan dan secara rutin membersihkan jika ruang transmisi tersebut kotor. Gantilah oli shockbreaker motor secara rutin, biasanya penggantian oli shockbreaker ini cukup lama.

  8. Menservis motor matic secara rutin

    Lakukanlah servis motor matic secara rutin, sebaiknya lakukan servis di bangkel resmi motor kalian. Sebenarnya bisa juga menservis di bengkel biasa, akan tetapi jadilah selektif memilih bengkel biasa karena di bengkel biasa ada banyak montir yang masih amatir.

Selain tips tentang cara merawat motor matic yang kami jelaskan di atas, kami memiliki tips lain yang bisa membuat motor matic kalian tetap awet. Tentunya kalian tidak menginginkan motor matic kalian tidak enak lagi dipakai. Makanya, kalian harus selalu memperhatikan perawatan motor matic kalian supaya motor matic kalian tetap memiliki performa yang top. Berikut ini ada tambahan tips tentang cara merawat motor matic agar tetap baik selain dari cara di atas tadi:

  1. Timing Belt

    Timing belt motor adalah salah satu bagian di motor yang sangat vital. Timing belt ini berfungsi untuk memutar roda belakang motor. Jika pada timing belt ini menjadi keras maka sepeda motor matic akan kesulitan untuk berjalan dan jika dibawa jalan maka motor tidak enak rasanya.

  2. Perhatikan Oli CVT

    Yang disebut dengan CVT adalah Continuous Variable Vransmission yang mempunyai fungsi untuk transmisi pada sepeda motor matic. Cara kerja dari CVT adalah untuk mengganti transmisi secara langsung yang sesuai dengan kecepatan ketika kita berkendara. CVT merupakan salah satu bagian penting di motor matic karena alat inilah letak utama pergerakan sepeda motor. Karena itu, kita sebaiknya mengecek oli pada CVT serta menggantinya secara rutin supaya transmisi sepeda motor matic tetap enak.

Itulah artikel yang kami bagikan tentang cara merawat motor matic agar tetap awet. Apabila kalian merasa masih kurang dengan artikel ini, kalian dapat mengirimkan tips lainnya ke halaman kontak kami. Semoga artikel tentang cara merawat motor matic ini dapat dijadikan referensi yang baik untuk merawat motor matic kalian. Baca juga Kelebihan Dan Kekurangan All New Honda CBR 150R Facelift dan Penyebab Garansi Motor Honda Hangus.