6 Akibat Ban Motor Kurang Angin Jadi Bikin Kita Nggak Nyaman Berkendara Dan Solusinya

Diposting pada

Terdapat satu komponen pada sepeda motor (kendaraan) yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan yang dilaluinya, yap… itu adalah Ban motor. Kita juga seharusnya sering mengecek kondisi ban motor, baik itu kondisi angin dan kondisi ban itu sendiri.

Kalau kalian sering memperhatikan tips dan trik seputar ban motor tentu saja kalian akan mengetahui kalau semua produsen ban akan menghimbau kepada konsumennya untuk selalu mengecek angin dan kondisi ban.

Kita pastinya nggak akan merasa nyaman pada saat berkendara dengan kondisi angin ban motor kurang, kalau saran dari gue sih lo wajib cek kondisi angin ban tidak dalam kondisi kurang atau bahkan tidak ada sama sekali setiap kali akan menggunakan motor.

Kalau kondisi jalan yang lo tempuh itu tidak mulus alias banyak lubang dan bebatuan (pokoknya jalan jelek) tentu saja lo harus cek ban sebelum atau setelah menggunakan motor.

Baca juga :

Kalau sudah begitu lo akan merasa nyaman saat berkendara karena kondisi ban sudah normal dan bisa berakselerasi kalau memang lo sudah mumpuni.

ban motor kurang angin

Kali ini gue udah ngelisting beberapa apa yang jadi dampaknya, langsung aja ke tkp ya:

  1. Permukaan Ban Nggak Mulus

    Kalau kita berkendara menggunakan motor dengan ban yang anginnya pas dan ban yang anginnya kurang, pasti akan lebih nyaman menggunakan ban yang anginnya pas.
    Kenapa? Ini karena kalau kurang angin maka saat berkendara kita bisa merasakan kalau kendaraan kita itu seperti bannya blekak blekuk alias nggak mulus.
    Dan ban ada bagian yang langsung bersentuhan dengan jalan dan pinggirnya menekuk jadi ban motor akan cepat aus. Terkait : Penyebab ban motor jadi halus seperti ban motoGP

  2. Saat Digas Motor Terasa Berat

    Ya iyalah kalau ban kurang angin ya pas berkendara terasa berat karena ban lebih banyak bagian yang menempel di jalan yang dilaluinya.

  3. Bahan Bakar Lebih Boros

    Motor akan membutuhkan tenaga lebih besar untuk bisa menggerakan ban yang rata-rata permukaan bannya menempel di jalan. Dibandingkan dengan ban yang anginnya normal maka tentu ini akan berimbas ke konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

  4. Muncul Benjol Di Permukaan Ban

    Akan ada efek dari seringnya ban motor yang kita gunakan kurang angin, salah satunya yaitu sidewall ban timbul benjol karena kekuatan menahan benturan berkurang. Seringnya benjolan pada ban ini memang ada sisi pinggir ban.

  5. Lebih Besar Kemungkinan Cepat Meletus

    Udah karena ban motor kurang angin, terus jalan di jalan yang banyak batunya maka pecah ban lebih sering terjadi karena batu di luar ban yang ada di jalan akan mudah menekan ban dalam.

  6. Membahayakan Pengendara Lain

    Ini juga resiko lo guys, kalau kita menggunakan motor yang bannya kurang angin maka bisa saja lo oleng saat berkendara dan mengenai pengendara lain. So, keselamatan itu yang pertama ya guys.

Artikel lainnya :